//
you're reading...
Uncategorized

STÁNDAR TINGKAT PENCAPAIAN PERKEMBANGAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI INDONESIA

PENGANTAR

Tingkat pencapaian perkembangan adalah deskripsi tentang perkembangan yang berhasil dicapai anak pada suatu tahap tertentu. Perkembangan yang dicapai merupakan integrasi aspek fisik-motorik, kognitif, bahasa, sosial-emosi, moral-agama dan kondisi kesehatan serta gizi anak.

Perkembangan anak berlangsung secara kontinum, tingkat perkembangan yang dicapai  pada suatu tahap diharapkan meningkat secara kuantitatif maupun kualitatif pada tahap selanjutnya. Terdapat perbedaan individual dalam perkembangan, karena terdapat pengaruh beberapa faktor internal maupun eksternal sehingga setiap anak memiliki karakter yang unik meskipun tetap berdasarkan atas pola perkembangan umum. Untuk mencapai tingkat perkembangan yang optimal dibutuhkan keterlibatan orang dewasa untuk memberikan rangsangan atau stimulasi. Diperlukan rangsangan yang bersifat holistik yang meliputi pendidikan, psikososial, kesehatan, dan gizi yang diberikan secara konsisten dan berulang. Tingkat pencapaian perkembangan disusun berdasarkan kategori usia sebagai berikut :

  1. Tahap usia 0-12 bulan disusun dalam kelompok usia :
    1. 0-3 bulan
    2. 3-6 bulan
    3. 6-9 bulan
    4. 9-12 bulan

Pengelompokan usia dilakukan dalam rentang tiga bulanan karena pada tahap usia di atas, perkembangan anak berlangsung sangat pesat.

  1. Tahap usia 12 bulan – 2 tahun berdasarkan kelompok usia :
    1. 12 – 18 bulan
    2. 18 – 24 bulan
  2. Tahap usia 2 – 3 tahun
  3. Tahap usia 3 – 4 tahun
  4. Tahap usia 4 – 5 tahun
  5. Tahap usia 5 – 6 tahun

Tingkat pencapaian perkembangan yang diharapkan pada tiap tahap usia disajikan dalam tabel sebagai berikut :

Tingkat Pencapaian Perkembangan

Tahap usia 0 – 12 bulan

Aspek Perkembangan

Kelompok Usia

0 – 3 bulan

3 – 6 bulan

6 – 9 bulan

9 – 12 bulan

 

  1. Motorik   Kasar
 

a. Refleks menggenggam benda yang menyentuh telapak tangan

b. Menegakkan kepala saat ditelungkupkan

c. Tengkurap

d. Berguling kekanan kekiri

 

  1. Meraih benda di depannya
  2. Tengkurap dengan dada diangkat dan kedua tangan menopang
  3. Duduk dengan bantuan
 

  1. Melempar benda yang dipegang
  2. Duduk tanpa bantuan
  3. Merangkak ke segala arah
  4. Berdiri dengan bantuan

 

 

  1. Menarik benda yang terjangkau
  2. Berjalan dengan berpegangan
  3. Berjalan beberapa langkah tanpa bantuan
  4. Melakukan gerak menendang bola yang cukup besar
 

  1. Motorik Halus
 

a. Memainkan jari tangan dan kaki

b. Memegang benda yang tidak terlalu kecil dengan lima jari

 

 

  1. Memasukkan benda ke dalam mulut
  2. Memindahkan mainan dari satu tangan ke tangan yang lain.
 

  1. Memegang benda dengan ibu jari dan jari telunjuk
  2. Bertepuk
 

  1. Menggaruk kepala
  2. Memegang benda yang kecil dan tipis (kancing atau mata uang logam)
  3. Memukul-mukul atau mengetuk-ngetuk mainan.
 

  1. Kognitif
 

a. Mampu membedakan apa yang diinginkan (ASI, susu dari botol, atau kempong / pacifier)

b. Berhenti menangis setelah digendong atau diberi susu

 

  1. Memperhatikan dan memilih permainan yang diinginkan
  2. Mengulurkan kedua tangan untuk digendong
 

  1. Mengamati benda    yang bergerak (kipas angin yang berputar)
  2. Berpaling kearah sumber suara
  3. Mengamati benda yang dipegang kemudian dijatuhkan
 

  1. Memahami perintah sederhana
  2. Menunjukan reaksi saat namanya dipanggil
  3. Mencoba mencari benda yang disembunyikan
  4. Mencoba membuka/mele-pas benda yang tertutup
 

  1. Bahasa
 

a. Menangis

b. Berteriak

c. Bergumam

 

a. Memperhatikan /mendengarkan ucapan orang

b. Mengoceh

c. Tertawa kepada orang yang mengajak berkomunikasi

 

  1. Menirukan ucapan
  2. Merespon permainan ciluba
  3. Menunjuk benda dengan mengucapkan satu kata
 

  1. Mengucapkan dua kata untuk menyatakan keinginan
  2. Menyatakan penolakan
  3. Menyebut nama benda atau binatang

(pus untuk kucing ; oti untuk roti ).

 

  1. Sosial-Emosional

 

 

a. Menatap dan tersenyum

b. Menangis untuk mengekspresikan ketidaknyamanan

 

  1. Merespons dengan gerakan tangan dan kaki
  2. Menangis apabila tidak mendapatkan yang diinginkan
 

  1. Mengulurkan tangan atau menolak untuk diangkat (digendong)
  2. Menunjuk kepada sesuatu yang diinginkan
 

  1. Menempelkan kepala bila merasa nyaman dalam pelukan (gendongan) atau meronta kalau merasa tidak nyaman
  2. Menyatakan keinginan dengan berbagai gerakan tubuh dan ungkapan kata-kata sederhana
  3. Meniru cara menyatakan perasaan sayang dengan memeluk

 

Tingkat Pencapaian Perkembangan

Tahap usia 12 – 24 bulan

Aspek Perkembangan

Kelompok Usia

12 – 18 bulan

18 – 24 bulan

 

  1. Motorik   Kasar
 

  1. Berjalan sendiri
  2. Naik tangga dengan merangkak
  3. Menendang bola ke arah depan
  4. Berdiri dengan satu kaki selama 1 detik
 

  1. Melompat di tempat
  2. Naik tangga dengan berpegangan
  3. Berjalan mundur beberapa langkah
  4. Menarik benda yang tidak terlalu berat (kursi kecil)
 

  1. Motorik Halus
 

  1. Meniru membuat coretan garis
  2. Menyusun menara dengan 3 balok
  3. Memegang gelas dengan 2 tangan
  4. Menumpahkan kancing dari mangkuk dan memasukkannya kembali

 

 

  1. Meniru membuat coretan garis vertikal dan horisontal
  2. Memasukkan 2 bentuk ke dalam lubang yang sesuai
  3. Membalik halaman buku tetapi belum sempurna
  4. Merobek kertas
 

  1. Kognitif
 

  1. Menyebut beberapa nama benda
  2. Menanyakan nama benda yang belum dikenal
  3. Membedakan ukuran benda (besar-kecil)
  4. Mengenal beberapa warna primer (merah, biru, kuning)
  5. Menyebut nama sendiri dan orang-orang yang dikenal
 

  1. Mempergunakan alat permainan dengan cara semaunya (balok dipukul-pukul)
  2. Meniru gambar wajah orang
  3. Memahami konsep angka dan hitungan sederhana
  4. Memahami prinsip milik orang lain

 

 

  1. Bahasa
 

  1. Mengucapkan kalimat yang terdiri dari dua kata
  2. Merespon pertanyaan dengan jawaban “Ya atau Tidak”
  3. Menunjuk bagian tubuh yang ditanyakan
  4. Memahami program cerita pendek
 

  1. Menggunakan kata-kata sederhana untuk menyatakan keingintahuan
  2. Menaruh perhatian pada gambar-gambar dalam buku
  3. Menjawab pertanyaan dengan kalimat pendek
  4. Menyanyikan lagu sederhana
 

  1. Sosial-Emosional

 

 

  1. Menunjukkan reaksi marah apabila permainannya diambil
  2. Menunjukkan reaksi yang berbeda terhadap orang yang baru dikenal
  3. Bermain bersama teman tetapi sibuk dengan mainannya sendiri (solitary play)
  4. Memperhatikan/mengamati teman-temannya beraktivitas

 

 

  1. Mengekspresikan berbagai reaksi emosi (senang, marah, takut, kecewa)
  2. Menunjukkan reaksi menerima atau menolak kehadiran orang lain
  3. Bermain bersama teman dengan mainan yang sama
  4. Berekspresi dalam bermain peran (pura-pura)

 

Tahap Usia 2 – 3 Tahun

 

Aspek Perkembangan

Pencapaian Perkembangan

 

  1. Motorik Kasar
 

  1. Berjalan sambil berjinjit
  2. Melompat ke depan dan ke belakang dengan dua kaki
  3. Melempar dan menangkap bola
  4. Menari mengikuti irama
  5. Naik-turun tangga dengan berpegangan
 

  1. Motorik Halus
 

  1. Meremas kertas atau kain dengan menggerakkan lima jari
  2. Melipat kertas meskipun belum rapi/lurus
  3. Menggunting kertas tanpa pola
  4. Koordinasi jari tangan cukup baik untuk memegang benda pipih (sikat gigi, sendok)
 

  1. Kognitif
 

  1. Menyebut bagian-bagian suatu gambar (wajah orang, mobil, binatang, dsb.)
  2. Memahami prinsip ukuran (besar-kecil, panjang-pendek)
  3. Mengenal bagian-bagian tubuh (lima bagian)
  4. Mengenal 3 macam bentuk  (     ,     ,      )
 

  1. Bahasa
 

  1. Hafal beberapa lagu sederhana
  2. Memahami cerita/dongeng sederhana
  3. Menggunakan kata tanya dengan tepat (apa, siapa, bagaimana, mengapa, dimana)
  4. Memahami perintah sederhana (letakkan pensil di atas meja, ambil buku dari dalam tasmu)
 

  1. Sosial-Emosional

 

 

  1. Memahami hak orang lain (harus antri, menunggu giliran)
  2. Menunjukkan sikap berbagi, membantu, bekerja bersama
  3. Menyatakan perasaan terhadap anak lain (suka dengan teman karena baik hati, tidak suka karena nakal, dsb.)
  4. Berbagi peran dalam suatu permainan (menjadi dokter, perawat, atau pasien; menjadi penjaga toko atau pembeli)
 

  1. Pemahaman Moral dan Agama
 

  1. Meniru gerakan berdoa/sembahyang sesuai agamanya
  2. Hafal doa pendek sesuai agamanya
  3. Memahami kapan mengucapkan salam, terima kasih, maaf, dsb.

Tahap Usia 3 – 4 Tahun

 

Aspek Perkembangan

Pencapaian Perkembangan

 

  1. Motorik Kasar
 

  1. Berlari sambil membawa sesuatu yang ringan (bola)
  2. Naik-turun tangga dengan kaki bergantian
  3. Melempar bola ke dalam keranjang
  4. Melompat turun dari ketinggian kurang lebih 20 cm (di bawah tinggi lutut anak)
  5. Meniru gerakan senam sederhana
 

  1. Motorik Halus
 

  1. Menuang air, pasir, atau biji-bijian ke dalam tempat penampung (mangkuk, ember)
  2. Memasukkan benda kecil ke dalam botol (potongan lidi, kerikil, biji-bijian)
  3. Meronce manik-manik yang tidak terlalu kecil dengan benang yang agak kaku
  4. Menggunting kertas mengikuti pola garis lurus
 

  1. Kognitif
 

  1. Menempatkan benda dalam urutan ukuran (paling kecil-paling besar)
  2. Menemukan/mengenali bagian yang hilang dari suatu pola gambar (wajah orang, mobil, dsb.)
  3. Menyebutkan berbagai nama makanan dan rasanya (garam, gula atau cabai)
  4. Memahami perbedaan antara dua hal dari jenis yang sama (perbedaan antara buah rambutan dan pisang; perbedaan antara ayam dan kucing)
 

  1. Bahasa
 

  1. Menyatakan keinginan dengan mengucapkan kalimat sederhana (saya ingin main bola)
  2. Menceritakan pengalaman yang dialami dengan cerita sederhana
  3. “Membaca” cerita bergambar dalam buku dengan kata-kata sendiri
  4. Memahami perintah yang mengandung 2 pengertian (ambil buku di atas meja lalu berikan kepada ibu pengasuh atau pendidik)
 

  1. Sosial-Emosional
 

  1. Bersabar menunggu giliran
  2. Bereaksi terhadap hal-hal yang dianggap tidak benar (marah apabila diganggu atau diperlakukan berbeda)
  3. Menunjukkan reaksi menyesal ketika melakukan kesalahan
  4. Menunjukkan sikap toleran sehingga dapat bekerja dalam kelompok
 

  1. Pemahaman Moral dan Agama
  2. Memahami pengertian perilaku yang berlawanan meskipun belum selalu dilakukan :
baik-buruk

benar-salah

sopan-tidak sopan,

  1. Memahami arti “kasihan” dan “sayang” kepada ciptaan Tuhan

 

 

Tahap Usia 4 – 5 Tahun

 

Aspek Perkembangan

Pencapaian Perkembangan

 

  1. Motorik Kasar
 

  1. Menari menirukan gerakan-gerakan binatang, pohon tertiup angin, pesawat  terbang, dsb
    1. Melakukan gerakan menggantung (bergelayut)
    2. Motorik Halus
    3. Mengkoordinasikan jari-jari tangan dengan mata dalam melakukan gerakan yang lebih rumit secara baik
      1. Memasang dan melepas kancing baju
      2. Mengekspresikan diri melalui kegiatan seni (menggambar, melukis, dll)
        1. Membuat suatu bentuk dengan lilin/tanah liat (wax, clay)
        2. Kognitif
          1. Mengklasifikasikan benda berdasarkan bentuk, warna atau ukuran
          2. Menyebutkan beberapa angka dan huruf
          3. Menggunakan benda-benda sebagai permainan simbolik (kursi sebagai mobil)
            1. Mengenal sebab-akibat tentang alam sekitar
            2. Bahasa
              1. Mengutarakan sesuatu hal kepada orang lain
              2. Menyatakan alasan terhadap sesuatu yang diinginkan atau ketidaksetujuan
                1. Mengenal perbendaharaan kata mengenai kata sifat (nakal, pelit, baik hati, berani, baik, jelek, dsb.)
                  1. Menceritakan kembali cerita/ dongeng yang pernah didengar
                  2. Sosial-Emosional
 
  1. Mampu berbagi, menolong, dan membantu teman
  2. Antusias dalam melakukan perlombaan
  3. Menahan perasaan dan mengendalikan reaksi (sakit tetapi tidak menangis; marah tetapi tidak memukul)
    1. Mentaati aturan yang berlaku dalam suatu permainan
    2. Pemahaman Moral dan Agama
      1. Berdoa sebelum atau sesudah melakukan sesuatu
      2. Mengenal perilaku baik dan buruk
      3. Menangkap tema cerita mengenai perilaku baik dan/ atau buruk

 

Tahap Usia 5 – 6 Tahun

 

Aspek Perkembangan

Pencapaian Perkembangan

 

  1. Motorik Kasar
 

  1. Melakukan koordinasi gerakan kaki-tangan-kepala dalam menirukan tarian atau senam
  2. Meniti balok titian
  3. Terampil menggunakan tangan kanan dan kiri
  4. Menyimpulkan tali sepatu
  5. Menyikat gigi tanpa bantuan
 

  1. Motorik Halus
 

  1. Menggambar – menulis dengan rapi
  2. Menggunting sesuai pola yang rumit
  3. Menempel gambar dengan tepat
 

  1. Kognitif
 

  1. Mengklasifikasikan benda berdasarkan fungsi (pisau untuk memotong, pensil untuk menulis)
  2. Menunjukkan aktivitas yang bersifat eksploratif dan menyelidik
  3. Mencari alternatif dalam memecahkan masalah yang dihadapi dalam suatu aktivitas
  4. Menyusun perencanaan kegiatan yang akan dilakukan bersama teman-teman
  5. Menunjukkan inisiatif dan kreativitas dalam memilih tema permainan
 

  1. Bahasa
 

  1. Menyusun kalimat sederhana dalam struktur lengkap (pokok kalimat-predikat- keterangan)
  2. Terlibat dalam pemilihan dan memutuskan aktivitas yang akan dilakukan bersama temannya
  3. Perbendaharaan kata lebih kaya dan lengkap untuk melakukan komunikasi verbal
 

  1. Sosial-Emosional

 

 

  1. Bersikap kooperatif dengan teman
  2. Menunjukkan sikap toleran
  3. Mengekspresikan emosi dalam berbagai situasi (senang-gembira-antusias dsb.)
  4. Memahami peraturan dan disiplin
  5. Mengenal tata krama dan sopan santun sesuai dengan nilai sosial budaya setempat
 

  1. Pemahaman Moral dan Agama
 

  1. Mengenal agama yang dianut
  2. Menghormati agama orang lain
  3. Mengenal ritual dan hari besar agama
  4. Memahami perilaku utama (jujur, penolong, sopan, hormat, dsb.)

 

Keterangan tambahan :   Standar mengenai kondisi kesehatan, kecukupan gizi, dan tingkat pencapaian pertumbuhan fisik dapat digunakan KMS (Kartu Menuju Sehat) yang telah dibakukan oleh Departem

About these ads

Tentang nagaripetualang

if you want for known to me. you would can that i am is people with ..............

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: