//
you're reading...
Uncategorized

MANAJEMEN PERKEMBANGAN ANAK

MANAJEMEN PERKEMBANGAN ANAK

 Program pengembangan anak yang perlu direncana-laksanakan antara lain :

  1. Pengembangan fisik ( physical development ) , terutama motorik halus
  2. Pengembangan kognitif (intelectual development)
  3. Pengembangan bahasa (language development)
  4. Pengembangan emosional (emotional development)
  5. Pengembangan sosial (social development)
  1. 1.  PERKEMBANGAN FISIK
    1. 1.     Pentingnya perkembangan fisik
      1. Menunjukkan level energy yang tinggi dan kadang menunjukkan factor kelelahan
      2. Menemukan kesulitan beraktifitas dan mrncari lingkungan dan pemainan aktif
      3. Terakumulasi aktifitas fisik minimal 30-60 menit (tepat untuk level usia dan pengembangan) pada semua, kebanyakan, hari-hari selama 1 minggu
  1. 2.     Pengembangan fisik pada motorik halus :

Pengembangan fisik pada motorik halus (fine motorik) dapat di stimulasi pada anak melalui kegiatan:

  1. Membentuk huruf dan menulis namanya sendiri
  2. Mengambar pohon, rumah, orang dan binatang dengan sempurna/lengkap
  3. Mewarnai gambar dengan rapi
  4. Menggunting bentuk dengan menggunakan gunting(hampir akurat)
  5. Menjiplak pola
  6. Dapat mengoperasikan pensil dan kuas
  7. Dapat menggambar orang lengkap dengan kepala, badan kaki, hidung, mulut dan mata.
  8. Dapat mencontoh model
  9. Dapat menghitung dengan menggunakan jari
  10. Dapat mencetak nama di kertas
  11. Menggunting bentuk dengan tepat dan rapi
  12. Menulis tangan dengan jarak ataupun gandeng
  13. Menggambar dengan detail dan mirip
  14. Dapat memegang pensil mirip seperti orang dewasa
  15. Mampu menulis angka dengan ukuran yang hampir sama
  16. Dapat menulis nama lengkap atau panggilan
  17. Mulai menulis cerita sederhana
  1. 2.  PERKEMBANGAN KOGNITIF
    1. 1.     Pentingnya perkembangan kognitif anak, bertujuan agar anak:
      1. Dapat menggambar dengan aksesoris yang lengkap dengan jendela, pintu, atap dan cerobong asap
      2. Bertanya tentang kata yang abstrak, contoh: apa yang di maksud dengan “lebih jauh,beyond” ?
      3. Dapat menyebutkan nama lengkap, alamat dan hari ulang tahunnya.
      4. Bercerita tentang masa lalu, sekarang dan yang akan dating dengan benar
      5. Dapat berfikir lebih terkoordinasi dan mampu melihat beberapa sudut pandang pada saat yang sama
      6. Mulai mengembangkan konsep ukuran,jarak wilayah,waktu,lebar,panjang, dan lain.
  1. 2.     Pengembangan kecerdasan
    1. Dapat membedakan antara kenyataan dan khayalan
    2. Tertarik terhadap prinsip-prinsip ilmiah
    3. Mulai paham tentang konsep-konsep seperti yang terjadi jika sesuatu dibakar
    4. Mampu menambahkan nuansa cultural pada saat menggambar dan menulis
    5. Dapat menciptakan symbol pribadi dan alphabet
    6. Mampu menghitung sampai 20
    7. Menyebutkan nama-nama hari dalam satu minggu dengan urut
    8. Dapat menyusun benda secara teratur menurut ukuran
    9. Dapat mencetak namanya sendiri
    10. Menyebutkan tanggal dan hari ulang tahunnya
    11. Menghitung sampai 100 dengan diulang
    12. Dapat memprediksi apa yang akan terjadi kemudian
  1. 3.  PERKEMBANGAN BAHASA
    1. 1.     Perkembangan kemampuan bahasa, dilakukan agar anak:
      1. Dapat menikmati diskusi, dapat menunggu giliran berbicara selama diskusi dalam kelompok
      2. Dapat bercerita tentang pengalaman pribadi dengan lengkap
  1. 2.     Pengembangan bahasa
    1. Mengetahui 4 ribu-5 ribu kata
    2. Mampu menambah 6-9 kata per hari
    3. Dapat mengingat kata ketika disebutkan kata tersebut
    4. Dapat menebak makna kata ketika disebutkan kata tersebut
    5. Buku pengetahuan menjadi penting
    6. Mempelajari kata-kata khusus menurut klasifikasinya, contoh: dinosaurus, ular, burung, tanaman, boneka, binatang laut
    7. Mampu menyebutkan kata-kata sesuai dengan kategorinya, contoh: peralatan masak, peralatan olah raga, jenis-jenis serangga dan lain-lain
    8. Mengembangkan pemahaman pribahasa
    9. Mulai memahami beberapa idiom
    10. Mulai dapt mengikuti beberapa perintah
    11. Meningkatkan kemampuan dalam memahami penjelasan verbal
    12. Suara-suara yang terdengar tidak seperti bahasa ( celoteh tak bermakna) mulai menurun
    13. Memiliki kemampuan mengubah level suara, kecepatan suara sesuai dengan tujuan pembicaraan
    14. Menuangkan bahasa lisan ke dalam tulisan
    15. Tidak banyak pengejaan/pengucapan yang salah (tidak cadel)
    16. Sesekali membuat kesalahan pada kata-kata yang jarang didengar
    17. Kemungkinan masih ada kesalahan pada kata-kata yang jarang didengar
    18. Berbicara sering menggunakan kalimat kompleks dan kalimat gabungan dan menggunakan pertanyaan “jika” untuk mengekspresiakan kondisi
    19. Lebih pandai dalam sharing pengalaman pribadi
    20. Bercerita dengan detail dari awal sampai akhir
    21. Sering memulai percakapan
    22. Lebih bisa menunggu giliran berbicara dalam diskusi dari pada tahun lalu
    23. Dapat mengembangkan topik pembicaraan
  1. 4.  PERKEMBANGAN EMOSIONAL
    1. 1.     Perkembangan emosional
      1. Dapat membedakan suka tidak suka
      2. Senang dengan dirinya sendiri lebih lama seperti: melihat buku atau menonton video
      3. Menunjukkan sikap simpati kepada teman yang terluka
  1. 2.     Pengembangan kecerdasan
    1. Mulai membandingkan dirinya sendiri dengan temannya
    2. Memahami dan menerima pendapat orang lain
    3. Sadar akan kemampuannya
  1. 5.  PERKEMBANGAN SOCIAL
    1. 1.     Perkembangan social
      1. Persahabatan menjadi lebih penting
      2. Sering bermain dengan teman sejenis dan mulai membuat kelompok (best friend) atau geng dengan anak-anak tertentu
      3. Persahabatan, perhatian dan kesetian sangat penting
  1. 2.     Pengembangan kecerdasan social
    1. Masih membutuhkan dekat dengan orang dewasa untuk mendapatkan materi atau fasilitas
    2. Sering membutuhkan kompromi, giliran dan sharing
    3. Bermain lebih lama dan mengikuti peraturan

KETERPADUAN

Sistem pembelajaran yang mengoptimalkan seluruh potensi manusia, mliputi :

Emosi/karakter, Kognitif , Motorik,  Spiritual,  kreatifitas, yang terangkum didalam 9 karakter, antara lain

  1. 1.     Cinta tuhan dan segenap ciptaannya

Konsep karakter yang dikembangkan terdiri dari :syukur dan setia

  1. 2.     Kemandirian, disiplin dan tanggung jawab + K4 (kebersihan, kerapian, kesehatan dan keamanan)

Konsep karakter yang dikembangkan terdiri dari : mandiri, disiplin, tanggung jawab, kebersihan, kerapian, kesehatan dan keamanan

  1. 3.     Kejujuran/amanah dan diplomatis

Konsep karakter yang dikembangkan terdiri dari : jujur, amanah, berkata bijak

  1. 4.     Hormat dan santun

Konsep karakter yang dikembangkan terdiri dari : hormat, patuh, dan pendengar yang baik

  1. 5.     Dermawan, suka menolong dan kerja sama

Konsep karakter yang dikembangkan terdiri dari : dermawan, suka menolong dan kerja sama

  1. 6.     Percaya diri, kreatif dan pantang menyerah

Konsep karakter yang dikembangkan terdiri dari : percaya diri, kreatif, dan pantang menyerah

  1. 7.     Kepemimpinan dan keadilan

Konsep karakter yang dikembangkan terdiri dari : kepemimpinan, dan keadilan

  1. 8.     Baik dan rendah hati

Konsep karakter yang dikembangkan terdiri dari : baik hati dan rendah hati

  1. 9.     Toleransi, kedamainan dan kesatuan

Konsep karakter yang dikembangkan terdiri dari : toleransi, cinta kedamaian, dan cinta persatuan.

Berdasarkan uraian pengembangan PILES,dapat dikonstruksi pada gambar di bawah :

 

PROGRAM TRANSISI ANAK USIA DINI MEMASUKI SD :

TUJUAN:

Memberi layanan pendidikan “the bridging” dan menyiapkan anak usia dini (6 tahun) yang belum terlayani PAUD formal dan non formal untuk memasuki jenjang selanjutnya.

 

 

SASARAN:

  1. Anak usia 6 tahun yang belum mendapatkan layanan PAUD
  2. 60 anak(terbagi menjadi 3 kelompok)
  3. Anak keluarga miskin/prasejahtera
  4. Anak/ masyarakat di kawasan daerah tertinggal

 

 

WAKTU:

  1. Pembelajaran berlangsung selama 3 bulan (60x tatap muka)
  2. Hari : senin – jum’at (untuk anak)
  3. Jam : 08.00-11.00 WIB (sesusai dengan kesepakatan)
  4. Orientasi orang tua dilaksanakan sebanyak 3 kali, yang waktunya disesuaikan dengan kesiapan orang tua

 

KURIKULUM:

Kurikulum pembelajaran menggunakan menu generic yang disesuaikan dengan konteks lokal tempat pembelajaran dilaksanakan

TEMA/MATERI Bulan Ke 1 (AKU):

  1. Tema minggu I : anggota tubuhku
  2. Tema minggu II : Lingkungan (rumah, sekolah, kampong, sekitarnya)
  3. Tema minggu III : Negaraku ( bahasa, suku, pulau)

 

LATAR BELAKANG GURU:

  1. Usia 18-45 tahun
  2. Pendidikan minimal  SMU/sederajat
  3. Pernah mengikuti pelatiahan PAUD
  4. Berpengalaman sebagai tenaga pendidik

KETERLIBATAN ORANG TUA:

  1. Bersedia mengikuti program pembelajaran (parenting education) yang diadakan lembaga
  2. Bersedia memberikan penguatan pembelajaran pada anak di rumah
  3. Bersedia untuk menerima pendampingan dari pendidik ketika di rumah (home visit)

LULUSAN PROGRAM:

Anak mendapat surat keterangan telah mengikuti PTM/SD/ pada hari kelulusan:

  1. Anak menampilkan pentas seni
  2. Hasil kerja anak-anak di pamerkan/dipajang
  3. Orang tua bersama guru menyiapkan konsumsi lulusan

DOKUMENTASI dan LAPORAN:

  1. Dokumentasi kegiatan (kepada orang tua)
  2. Foto portofolio (kreatifitas anak, guru, dan orang tua)
  3. Laporan untuk dinas pendidikan

About nagaripetualang

if you want for known to me. you would can that i am is people with ..............

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: